Puluhan Siswa dan Guru MI Nurul Ulum Bersih-Bersih Masjid

SIDOARJO, MADU TV – Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah, puluhan siswa dan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan aksi bersih-bersih masjid. Dengan adanya aksi sosial ini, diharapkan warga bisa nyaman saat melaksanakan ibadah di masjid, sekaligus mengajarkan kebersihan kepada siswa agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada Tanggal 12 Maret 2024.

Aksi bersih-bersih masjid ini dilakukan puluhan siswa dan guru MI Nurul Ulum di Desa Grabagan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, di Masjid Darul Mu’minin Dusun Juwet Selatan, Grabagan Tulangan. Dengan membawa peralatan kebersihan, siswa dan guru membersihkan lantai, mengelap, membersihkan kaca, menyikat area wudhu hingga membersihkan dinding dari debu dan sawang.

Aksi bersih-bersih masjid ini sengaja dilakukan siswa dan guru untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah. Selain itu, hal ini juga merupakan implementasi nyata yang selama ini dilakukan di madrasah. Dengan demikian, keberadaan siswa dan guru MI Nurul Ulum ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

Wahyu Efendi, Wakil Kepala MI Nurul Ulum Grabagan, menyatakan, “Aksi bersih-bersih masjid yang dilakukan siswa dan guru MI Nurul Ulum ini sangat positif. Kami berharap ke depan aksi sosial seperti ini bisa dilakukan secara rutin, mulai satu bulan sekali dan seterusnya.”

Sementara itu, menurut Darma, Takmir Masjid Darul Mu’minin, aksi bersih-bersih masjid yang dilakukan siswa dan guru MI Nurul Ulum ini sangat positif. Pihaknya berharap ke depan aksi sosial seperti ini bisa dilakukan secara rutin, mulai satu bulan sekali dan seterusnya.

Melalui aksi bersih-bersih masjid ini diharapkan siswa dan warga kembali mencintai masjid, karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan demikian, saat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, masyarakat bisa senang dan nyaman.

Wartawan : Muhammad Kholid | Editor : Riaza Romy