Curah Hujan Tinggi Banjir Terjang Sejumlah Desa di Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO, MADU TV – Hujan Intensitas Tinggi Melanda di Kawasan Probolinggo, Jawa Timur, Sejak Dua Hari Terakhir, Menyebabkan Sejumlah Desa Tergenang Banjir. Banjir Terparah Berada di Wilayah Kecamatan Dringu, hingga Sejumlah Warga Harus Mengungsi.

Situasi darurat banjir melanda sejumlah desa di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Hujan deras yang terus mengguyur kawasan tersebut sejak dua hari terakhir telah menyebabkan sejumlah sungai meluap, termasuk Kali Kedungdalem, yang debit airnya tidak bisa ditampung oleh sungai tersebut.

Pada Sabtu petang, banjir bandang yang berasal dari Kali Kedungdalem ini terus meluap deras, sehingga menyebabkan ketinggian air di lokasi banjir mencapai pinggang hingga dada orang dewasa. Akibatnya, sejumlah warga terpaksa harus dievakuasi ke daerah yang lebih aman oleh petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI-Polri.

Kecamatan Dringu menjadi pusat perhatian karena setidaknya ada tiga desa yang terdampak langsung oleh banjir ini, yaitu Desa Kedungdalem, Desa Dringu, dan Desa Kalisalam. Meskipun BPBD setempat belum mengeluarkan data resmi terkait daerah yang terdampak banjir, namun berdasarkan video yang beredar di media sosial, ada tiga kecamatan lain yang juga terdampak banjir, yaitu Kecamatan Wonoasih dan Kecamatan Tongas.

Hingga saat ini, situasi masih memprihatinkan karena hujan masih mengguyur di sejumlah wilayah Kabupaten Probolinggo. Warga pun masih merasa cemas mengingat air belum juga surut bahkan terus naik. Salah seorang warga, Mohtar Efendi, mengungkapkan bahwa air datang sejak pukul tiga sore hingga Magrib belum juga surut, bahkan terus naik, sementara tiga desa yang terdampak banjir.

Wartawan : Agus Susanto | Editor : Riaza Romy