Antisipasi Longsor dan Perkaya Vegetasi Tanaman di Lingkar Klotok

KEDIRI, MADU TV –  Sekitar 500 relawan turut serta dalam kegiatan reboisasi yang digelar di kawasan Lingkar Klotok Kota Kediri. Kegiatan ini diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri sebagai langkah antisipasi terhadap potensi longsor dan untuk memperkaya vegetasi tanaman di wilayah tersebut.

Kegiatan reboisasi ini berlangsung lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun, dengan menempati tiga titik sektor yaitu di tempat pemakaman umum China, area Pondok, dan di Patirtan (sumber mata air). PJ Wali Kota Kediri, Zanariah, yang turut hadir dalam kegiatan ini menyatakan bahwa kawasan Lingkar Gunung Klotok Kediri berada pada kawasan risiko bencana yang cenderung tinggi. Dengan kondisi ini, potensi erosi dan tanah longsor bisa saja terjadi kapan saja, terutama karena curah hujan di Kota Kediri belakangan ini cukup tinggi.

Sebagai upaya mitigasi bencana, Pemerintah Kota Kediri bersama stakeholder, relawan, dan pecinta lingkungan melaksanakan kegiatan reboisasi. Menurut PJ Wali Kota Kediri, dalam kegiatan ini, Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri, Indun Munawaroh, mengungkapkan bahwa sebanyak 900 bibit pohon telah ditanam melibatkan 500 relawan. Bibit tanaman tersebut antara lain pohon jambu, alpukat, dan trembesi yang berfungsi sebagai pelindung.

Reboisasi ini dianggap sebagai bagian dari upaya memperkaya vegetasi tanaman di Lingkungan Klotok dan TPU Bong Cina. Menurut Indun Munawaroh, Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri, kegiatan ini penting untuk meningkatkan keberlanjutan lingkungan dan mengurangi risiko bencana.

Wartawan : Efendi Muhtar | Editor : Riaza Romy