Menlu Retno: KTT Asean-Australia Hasilkan “Melbourne Declaration”

MELBOURNE, MADU TV – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut KTT khusus ASEAN-Australia menghasilkan dua dokumen, yaitu Melbourne Declaration dan ASEAN-Australia Leaders Vision Statement.

Diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dengan Australia, tema dalam KTT tersebut adalah “A Partnership for the Future”. KTT itu sendiri secara garis besar dibagi dalam dua sesi, dengan sesi pertama membahas “Future ASEAN-Australia Cooperation” dan “The Three ASEAN Cooperation Pillars”.

Dalam konferensi pers, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan: “KTT ASEAN-Australia ini memiliki pentingnya yang besar, dan kami sangat senang dengan hasilnya. Melbourne Declaration dan ASEAN-Australia Leaders Vision Statement menjadi tonggak penting dalam memperkuat kerjasama dan hubungan strategis antara ASEAN dan Australia. Kami percaya bahwa kerjasama ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak, serta mendorong perdamaian, kestabilan, dan kemakmuran di kawasan Asia-Pasifik.”