Kunjungi Ponpes Maslakul Huda Wapres Sempatkan Ziarah Makam Mbah Mutamakkin Pati Jawa Tengah

Wakil Presiden RI Ziarahi Makam Mbah Mutamakkin di Pati, Jawa Tengah

JAWA TENGAH – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin, mengukir momen berharga dalam kunjungannya di Pati, Jawa Tengah, pada Sabtu (27/1/2024). Acara ini menjadi langkah positif dalam mempererat hubungan antara pemerintah dan komunitas agama di tanah air.

Sebagai bagian dari rangkaian kunjungan, Wapres sebelumnya hadir di Kabupaten Rembang untuk menghormati Haul Lasem sekitar pukul 10.30 WIB. Kehadiran rombongan Wapres yang menggunakan jalur udara dengan helikopter dan mendarat di Lapangan Gelora Sukarno Mojoagung sekitar pukul 13.00 memberikan kesan megah dan mengesankan.

Tiba di Pati, agenda dilanjutkan dengan berziarah ke makam Mbah Ahmad Mutamakin di Desa Kajen sekitar pukul 13.40. Kemudian, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Maslahul Huda sekitar pukul 14.50 WIB. Penerimaan hangat dari pengasuh pondok pesantren, KH Abdul Ghoffar Rozin atau Gus Rozin, serta sejumlah ulama Pati, menjadi bukti keharmonisan hubungan antara pemerintah dan tokoh-tokoh agama.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden menyatakan bahwa kunjungannya ini bersifat murni ziarah ke makam Mbah Mutamakkin Kejan dan makam Sahal Mahfudz. Melalui interaksi dengan sejumlah kiai di Pondok Pesantren, Wapres berhasil menyampaikan pesan-pesan yang relevan dengan konteks keagamaan dan kehidupan masyarakat.

Sambutan dari Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin mencerminkan kepedulian pemerintah terhadap hubungan harmonis antara pemerintah dan komunitas agama di tanah air. Acara ini sekaligus menjadi wujud nyata dari upaya pemerintah untuk menjalin silaturahmi dan memperkuat koneksi dengan tokoh-tokoh agama di berbagai daerah.

Tak hanya itu, kunjungan ini turut didokumentasikan melalui saluran YouTube resmi Wakil Presiden RI, menunjukkan transparansi dan keterbukaan dalam menjalankan kegiatan resmi negara. Inisiatif ini memberikan kesan positif bahwa pemerintah memiliki komitmen untuk melibatkan masyarakat secara luas dalam setiap langkah dan kebijakan yang diambil.

Seluruh rangkaian acara kunjungan Wakil Presiden ini menjadi bagian integral dari upaya pemerintah untuk terus menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya dalam memelihara hubungan harmonis antara pemerintah dan komunitas agama di tanah air. Suksesnya kunjungan ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah dan masyarakat, membangun kebersamaan dalam mencapai kemajuan dan kedamaian bersama.