Presiden Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat, Wonosobo

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Alun-Alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah

Wonosobo – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Alun-Alun Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah pada Senin, 22 Januari 2024.

Presiden Jokowi memastikan bahwa sertifikat yang berasal dari Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) telah diterima oleh masyarakat dari tiga wilayah, yaitu Kabupaten Wonosobo, Purworejo, dan Kebumen.

Kepala Negara menjelaskan bahwa sertifikat tersebut merupakan tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat. Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengingatkan kepada masyarakat untuk mengecek kembali kesesuaian data seperti nama pemegang hak dan luas tanah yang tertulis dalam sertifikat tersebut.

Tidak hanya itu, Presiden juga mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati apabila memiliki rencana untuk melakukan peminjaman di bank dengan agunan sertifikat yang dimiliki. Jika tetap dilakukan, Presiden mendorong agar masyarakat menggunakan pinjaman tersebut sebagai modal usaha atau kerja.

Sementara itu, salah satu perwakilan penerima sertifikat dari Purworejo, Ismudin, bersyukur dengan kemudahan yang diterima saat pengurusan sertifikat tersebut. Ia berharap hak tanah yang telah dimiliki dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan ini adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, PJ. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.