Presiden Jokowi Resmikan Peletakan Batu Pertama Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara

Presiden Joko Widodo secara resmi melaksanakan upacara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Kaliamantan Timur – Presiden Joko Widodo secara resmi melaksanakan upacara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN). Proyek megah ini akan menghabiskan anggaran sekitar Rp940 miliar atau hampir mencapai Rp1 triliun.

Pembangunan Masjid Negara di IKN dijelaskan oleh Presiden Jokowi akan berlangsung selama kurang lebih 400 hari kalender, dengan target penyelesaian pada akhir tahun 2024. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa masjid ini mampu menampung 61 ribu jamaah.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menyatakan harapannya bahwa Masjid Negara ini akan menjadi representasi kemajemukan Indonesia. Selain sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, masjid ini diharapkan juga menjadi tempat nyaman bagi umat Muslim untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan, sosial, dan lainnya. Lebih dari itu, Masjid Negara di IKN diharapkan menjadi simbol yang memperkuat toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara

Presiden juga menegaskan keinginannya agar Masjid Negara ini dapat menjadi contoh bagi masjid-masjid negara di seluruh dunia, dengan menonjolkan kekhasan Indonesia dan IKN.

Upacara peresmian tersebut ditandai dengan suara upacara resmi dari menit 4.25 hingga 5.50, menandai langkah awal dalam pembangunan Masjid Negara yang diharapkan akan menjadi salah satu ikon kebanggaan bagi Indonesia.