Peresmian Graha Utama AKMIL di Magelang Oleh Presiden Jokowi Diharapkan Dapat Mendorong Pembelajaran di Akmil

Dalam upaya untuk memajukan pendidikan militer, Presiden Joko Widodo meresmikan Graha Utama Akademi Militer (AKMIL) di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah

MAGELANG – Dalam upaya untuk memajukan pendidikan militer, Presiden Joko Widodo meresmikan Graha Utama Akademi Militer (AKMIL) di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin, 29 Januari 2024. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan harapannya bahwa fasilitas baru ini akan mendorong peningkatan kualitas pembelajaran di AKMIL.

Presiden Jokowi menyoroti perubahan lanskap ekonomi dan politik global yang tengah berlangsung, disertai dengan disrupsi dan perubahan teknologi yang cepat. Beliau menekankan pentingnya adaptasi AKMIL terhadap tantangan tersebut. Pemimpin negara juga menilai bahwa pendidikan militer harus mengakomodasi bidang Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM), sebagai respons terhadap kompleksitas tugas militer modern.

Dengan diresmikannya Graha Utama, Presiden Jokowi berharap AKMIL Magelang dapat terus berkembang. Bangunan tersebut diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan akademis dan militer, sesuai dengan visi pemimpin negara untuk memajukan lembaga militer.

Dalam acara peresmian tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo.

Presiden Jokowi menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mendukung pengembangan AKMIL Magelang sebagai lembaga pendidikan militer yang mampu bersaing dan adaptif terhadap dinamika zaman.