Peninjauan Harga Sembako Oleh Presiden Jokowi ke Pasar  Mungkid Magelang

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melibatkan diri dalam peninjauan langsung di Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang,

MAGELANG – Sebagai awal dari kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Tengah, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melibatkan diri dalam peninjauan langsung di Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, pada Senin (29/01/2024). Kehadiran Presiden Jokowi bertujuan untuk melakukan pemantauan terhadap harga-harga bahan pokok yang tengah menjadi perhatian masyarakat.

Setibanya di Pasar Mungkid, Presiden Jokowi disambut hangat oleh pedagang dan masyarakat setempat. Tanpa menunggu waktu lama, beliau langsung menyusuri lorong-lorong pasar, berinteraksi dengan pedagang, dan meminta informasi terkait kondisi harga beberapa bahan pokok seperti beras, cabai, hingga bawang merah.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, terlihat bahwa harga-harga kebutuhan pokok di Pasar Mungkid masih dalam kisaran yang stabil. Sebagai contoh, harga cabai rawit terpantau sekitar Rp30 ribu per kilogram. Presiden Jokowi menyatakan bahwa kenaikan sedikit terjadi pada harga beras, mengingat saat ini belum memasuki masa panen raya. Meskipun demikian, Kepala Negara optimis bahwa harga beras akan mengalami penurunan seiring dengan melimpahnya stok.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi menjelaskan, “Kondisi pasar di Mungkid ini cukup stabil. Kita melihat harga-harga masih terjaga dengan baik. Meskipun ada sedikit kenaikan, tapi ini sesuai dengan siklus panen dan pasokan bahan pokok.”

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi tidak hanya fokus pada peninjauan harga, melainkan juga menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang. Rasa syukur dan terima kasih juga terucap dari salah satu pedagang di Pasar Mungkid bernama Sutiyem.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut adalah Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, serta Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Kunjungan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan stabilitas harga kebutuhan pokok dan memberikan dukungan langsung kepada pelaku usaha di tingkat lokal. Presiden Jokowi menegaskan komitmennya untuk terus mengawal dan memastikan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.