Penguatan Kapasitas Kelembagaan di Basis Nahdliyin Digelar di Dayeuhluhur Cilacap

Sebanyak ratusan warga Nahdliyin turut serta dalam kegiatan Fokus Group Discussion (FGD)

CILACAP – Sebanyak ratusan warga Nahdliyin turut serta dalam kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas kelembagaan di basis Nahdliyin. Acara tersebut digelar di Gelanggang Olahraga Daya Loka, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap.

FGD ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pengurus organisasi, antara lain Rais’Aam, Fatayat NU, Muslimat, pengurus anak cabang PKB, dan pengurus ranting PKB dari 14 desa sekitar wilayah Kecamatan Dayeuhluhur. Turut hadir dalam acara tersebut Hj. Siti Rosidah, S.Ag., anggota DPRD Jateng Fraksi PKB Dapil XL Cilacap Banyumas, serta Haji Didi Yudi Cahyadi, S.Pd., Ketua Komisi D DPRD Cilacap Fraksi PKB Dapil IV.

Pada Minggu, 14/01-2024, kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang silaturahmi, namun juga sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan bagi seluruh peserta. Mereka mendengarkan paparan langsung mengenai program-program yang telah berjalan dan diterima oleh lembaga penerima manfaat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi forum interaksi antara anggota dewan dengan warga masyarakat, guna menerima dan menampung usulan secara langsung.

Hj. Siti Rosidah, S.Ag., selaku narasumber yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Jateng Fraksi PKB Dapil XL Cilacap dan Banyumas, menjelaskan bahwa selain silaturahmi dengan konstituen masyarakat, kegiatan tersebut juga membahas konsep penguatam kelembagaan di Nahdlatul Ulama. Ia menekankan bahwa anggota dewan memiliki tugas untuk mengadvokasi harapan masyarakat, memfasilitasi aspirasi mereka, dan melakukan advokasi secara sinergis dengan berbagai pihak dan stakeholder guna merealisasikan harapan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Siti Rosidah, S.Ag., menyampaikan, “Kita selalu, sebagai anggota dewan, bertugas untuk mengadvokasi apa yang menjadi harapan masyarakat. Untuk memfasilitasi apa yang menjadi aspirasi mereka, maka yang kita lakukan sekuat tenaga, semampu kita, adalah melakukan advokasi bersinergi dengan berbagai pihak dan stakeholder yang ada untuk merealisasikan harapan masyarakat.”