Modus Bayar Pakai Qris, Pria di Blitar Bawa Kabur Sembako Senilai 3 Juta Rupiah

121

BLITAR, MADUTV – Seorang pria di Blitar berhasil diamankan usai menipu sebuah toko di Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kanigoro. Modus yang dilakukan pria bernama Mustiko Cahyono (25) itu adalah dengan berpura-pura telah membayar barang belanjaannya yang mencapai Rp 3 juta lebih menggunakan fitur Qris.

Kasi Humas Polres Blitar Iptu Heri Iriyanto mengatakan, modus pelaku datang ke toko milik pelapor dan dilayani oleh pelayan toko. Pelaku membeli sejumlah barang sembako diantaranya 8 dos mie instan, 5 dos minyak goreng, beras 15 kantong dan beberapa barang lainnya.

“Selanjutnya setelah memilih barang kemudian dibuatkan nota pembelian yang harus dibayar sebanyak Rp. 3.105.000. Kemudian pelaku bilang bahwa pembayaran melalui Qris, selanjutnya pelaku berpura- pura membuka aplikasi mobil banking di handphonenya dan menunjukan tanda bukti pembayaran, kemudian pelaku membawa barang yang sudah dipesan tersebut dari toko tersebut,” ujar Heri, Kamis (6/6/2024).

Kemudian sehari setelahnya, pemilik toko melihat saldonya tidak bertambah. Ternyata pembayaran yang dilakukan pelaku tidak ada alias tidak ada transaksi masuk.

Dengan adanya kejadian tersebut mengalami kerugian material sebesar Rp. 3.105.000 dan kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kanigoro untuk penyidikan lebih.

Pelaku yang merupakan warga Kecamatan Sananwetan Kota Blitar akhirnya berhasil diamankan. Ia mengakui semua perbuatannya dan mengaku telah menjual sembako hasil menipu tersebut.

“Sembakonya dijual. Saat ini kasusnya ditangani Polsek Kanigoro,” pungkasnya.(sk)