Mahfud MD Resmi Mundur dari Menkopolhukam Kabinet Presiden Jokowi

Mahfud MD Resmi Mundur dari Menkopolhukam Kabinet Presiden Jokowi

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus Calon Wakil Presiden nomor urut tiga, Mahfud MD, secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari Kabinet Presiden Joko Widodo pada hari Kamis (1/2/2024). Keputusan ini diungkapkan dalam pernyataan lengkap yang disampaikan melalui konferensi pers di YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Mahfud MD menjelaskan alasannya untuk mundur dari posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Dalam pernyataannya, Mahfud menyatakan bahwa keputusannya tersebut diambil demi mendukung pelaksanaan Pemilihan Presiden 2024 yang akan datang.

“Saya mengambil keputusan ini untuk memberikan fokus penuh pada peran saya sebagai Calon Wakil Presiden. Saya ingin memberikan kontribusi terbaik untuk negara melalui jalur politik dan memastikan kelancaran proses demokrasi pada Pemilu mendatang,” ujar Mahfud MD.

Pengunduran diri Mahfud MD ini juga diiringi dengan kepergian seorang pejabat senior dari Kantor Staf Presiden pada hari yang sama. Meskipun belum ada pernyataan resmi terkait hubungan keduanya, namun spekulasi tentang ‘ketidaknyamanan’ di dalam istana mulai beredar.

Spekulasi tersebutsemakin menguat mengingat keputusan Mahfud MD yang diumumkan bersamaan dengan pengunduran diri pejabat senior lainnya. Meskipun belum ada rincian lebih lanjut, hal ini menimbulkan pertanyaan di kalangan publik mengenai dinamika politik dan persiapan menghadapi Pemilihan Presiden 2024.

Pada konferensi pers yang disiarkan langsung melalui YouTube resmi Sekretariat Presiden, Mahfud MD memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai langkahnya yang diambil. Pernyataan lengkap dan rinci Mahfud MD dapat diakses melalui saluran resmi tersebut.

Dengan mundurnya Mahfud MD dari Kabinet Presiden Joko Widodo, perhatian publik kini tertuju pada langkah-langkah selanjutnya yang akan diambil oleh pemerintah dan partai politik terkait. Sementara itu, masyarakat menanti perkembangan lebih lanjut mengenai dinamika politik di tengah persiapan menjelang Pemilihan Presiden 2024.