Layanan RSUD Smart Pamekasan Tetap Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran 2024

PAMEKASAN, MADUTV – Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah dr H. Slamat Martodirdjo Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menjamin pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap dibuka selama 24 jam di masa libur lebaran dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 2024.

Direktur Utama RSUD Smart Pamekasan dr. Budi Santoso menyampaikan langkah Rumah Sakit memberikan pelayanan kegawadaruratan selama 24 jam ini tidak terbatas untuk warga Pamekasan Madura, melainkan juga para pemudik dari luar kota.

“Bilamana terjadi membludaknya pasien gawat darurat di IGD, RSUD telah mempersiapkan tim tenaga kesehatan tambahan yang dapat dihadirkan sewaktu-waktu untuk membantu tim yang telah terjadwal,” kata dr Budi saat konferensi pers, Sabtu (6/4/2024).

Menurutnya, para dokter di IGD tetap bertugas seperti biasa dan tidak ada petugas IGD baik dokter maupun perawat yang sedang menjalani cuti.

“Pelayanan RSUD harus maksimal, tidak ada Dokter IGD, perawat dan sopir ambulans yang cuti selama libur lebaran,” tambahnya.

dr. Budi juga menambahkan, untuk siaga agar pasien penyakit kronis tetap terpenuhi kebutuhan terapi selama libur lebaran, pihak RSUD tetap membuka pelayanan poli di ruang IGD.

Sementara untuk pelayanan rawat inap dan intensif di RSUD berjalan seperti biasa termasuk palayanan penunjang lainnya.

“RSUD memiliki kapasitas tempat tidur pasien sejumlah 262 bed dan jika nanti ada membludaknya pasien pascalibur lebaran, rumah sakit masih memiliki ruang transit yang nanti akan dipakai,” ucap dr Budi.

Selama satu minggu setelah berakhirnya libur dan cuti bersama terhitung dari Selasa, 16 April sampai Sabtu, 20 April 2024 mendatang, RSUD Smart Pamekasan menambah jam pelayanan rawat jalan atau Poli.

“Agar dapat mengurangi atau mengurai antrean selama libur dan cuti bersama, masyarakat diimbau melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN agar tidak mengantre,” paparnya.

Selain itu juga, RSUD Pamekasan telah menyiapkan beberapa mesin pendaftaran, sehingga pasien dapat melakukan pendaftaran secara mandiri atau didampingi petugas.

dr. Budi Mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tidak memiliki keluhan yang berat untuk memanfaatkan pelayanan di poli pada hari-hari berikutnya setelah H+10 lebaran.(riz)