Komitmen Tingkatkan Indeks Pembangunan Pemuda dalam Rakerda DPD KNPI Kota Kediri

113

KEDIRI, MADUTV – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Sabtu (8/6/2024)
dengan tema “Pemuda Bersatu Kota Kediri Maju”. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen pemuda dari seluruh penjuru Kota Kediri, dan dipimpin langsung oleh Ketua DPD KNPI Kota Kediri, Munjidul Ibad, serta Ketua Pelaksana, Mustaid.

Ketua KNPI Kota Kediri, Munjidul Ibad, menyerukan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan daerah dengan menekankan tiga aspek utama: intelektualitas, pemberdayaan ekonomi, dan empati terhadap lingkungan.

Ia menggaris bawahi bahwa pemuda merupakan aset penting bagi masa depan bangsa. Untuk itu, pemuda harus mengembangkan potensi diri dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

” Rakerda ini kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat untuk pemuda. Pemuda kita telurkan untuk menambah intelektualitas pengurus dan OKP ,”ucap pria yang akrab disapa Bung Ibad.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Mustaid, mengutarakan mekanisme pelaksanaan Rakerda yang bertujuan menyusun program kerja per bidang serta memperkuat kekompakan antar pengurus.

Mustaid memaparkan bahwa Rakerda ini dibagi menjadi beberapa sesi, dengan rapat pleno satu yang membahas tata tertib dari draft Rakerda dan rapat pleno dua yang fokus pada pembahasan program kerja serta peningkatan kekompakan antar pengurus.

“Mekanisme Rakerda ini dirancang untuk menyusun program kerja secara sistematis dan efisien. Pada rapat pleno satu, kita membahas dan menetapkan tata tertib dari draft Rakerda. Ini penting untuk memastikan bahwa seluruh proses berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang telah disepakati,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam rapat pleno satu, program-program kerja per bidang dibacakan dan dibahas secara mendetail. Setiap bidang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung pembangunan Kota Kediri.

“Pembacaan dan pembahasan program per bidang dilakukan untuk memastikan setiap sektor memiliki rencana kerja yang jelas dan terukur. Kami berharap program-program ini dapat memberikan sumbangsih nyata kepada Pemerintah Kota Kediri, terutama dalam upaya pemberdayaan pemuda dan pembangunan daerah,” tambah Mustaid.

Selain fokus pada penyusunan program kerja, Rakerda ini juga menitikberatkan pada peningkatan kekompakan antar pengurus. Mustaid menegaskan bahwa soliditas tim merupakan kunci keberhasilan dalam melaksanakan setiap program yang telah dirumuskan.

“Rapat pleno dua difokuskan pada penguatan kekompakan antar pengurus. Dengan adanya kekompakan dan kerjasama yang baik, kita akan lebih mudah dalam merealisasikan program-program kerja dan menghadapi berbagai tantangan yang ada,” jelas Mustaid.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, Zachrie Ahmad, menyatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk menjadikan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) sebagai pelopor dalam berbagai bidang di lingkungan sekitarnya.

Zachrie menekankan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan daerah dan bagaimana OKP dapat menjadi agen perubahan yang signifikan di masyarakat. Disbudparpora, menurutnya, siap mendukung program-program yang dirumuskan oleh KNPI dan OKP untuk menciptakan pemuda yang berdaya dan berdampak positif.

Disbudparpora akan berkoordinasi dengan KNPI agar OKP yang tergabung bisa menjadi pemuda pelopor dalam segala bidang bagi lingkungan sekitarnya. Kita perlu memastikan bahwa program-program yang ada tidak hanya berdampak pada pemuda itu sendiri, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas,” ungkap Zachrie. (ef)