Jangan Panik Bun, Ini Tips Dokter Spesialis Anak RSUD Smart Pamekasan Cegah Terpapar Flu Singapura

109

PAMEKASAN, MADUTV – Dokter spesialis anak Rumah Sakit Umum Daerah Slamet Martodirjo (Smart) Pamekasan, Madura, Jawa timur, Kamis (02/05/2024), memberikan tips mencegah terinfeksi virus flu singapura yang saat ini tengah marak.

dr. Novel Widya Saputra mengungkapkan, flu singapura rentan menyerang semua orang meski lebih banyak diderita anak-anak usia di bawah 5 tahun. Namun, potensi tertular lebih besar ketika berinteraksi terhadap pasien yang sudah masuk proses sembuh dan seseorang baru kembali dari luar negeri, yakni virus dari luar dibawa masuk ke Indonesia.

Ciri khas flu singapura munculnya bercak merah dan berair di bagian mulut, telapak tangan dan kaki.

Sementara kalau penyakit cacar air itu awal muncul bercak di bagian dada melebar ke seluruh badan.

“Flu singapura merupakan penyakit fisikel atau bintik yang awalnya nyerang di bagian mulut, muncul di telapak tangan dan kaki. Virus ini dapat disembuhkan. Maka, bagi mereka yang sudah bergejala untuk segara berobat ke fasilitas medis terdekat,” kata dr. Novel Widya Saputra, Spesialis Anak RSUD Smart Pamekasan.

Menurutnya, gejala awal terinfeksi virus ini yaitu panas, flu, batuk dan nyeri telan seperti sariawan dan muncul bintik di bagian mulut, telapak tangan dan kaki (HFMD).

“Karena memang secara penularannya bisa lewat droplet, maka hampir sama dengan COVID-19. Penting sekali menjaga sanitasi, baik diri sendiri maupun lingkungan,” ucap dr. Novel

Adapun pencegahan flu singapura ini bisa dilakukan dengan menjaga imun tubuh, menghindari kontak langsung dengan penderita serta mengatur pola makan dan istirahat.

Berikut upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Flu Singapura;

1. Cuci tangan secara teratur, terutama setelah berinteraksi dengan seseorang yang mungkin terinfeksi

2. Gunakan masker berinteraksi dengan penderita.

3. Rutin membersihkan benda-benda yang sering disentuh menggunakan desinfektan, seperti gagang pintu, alat makan dan barang lainnya

4. Menjaga pola makan dan asupan gizi yang baik dengan mengkomsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, buah-buahan dan sayuran

5. Konsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan Kuncinya adalah menjaga kebersihan diri, lingkungan, serta pola makan dan nutrisi yang baik sehingga kita dapat mengurangi dampak buruk dari flu singapura.

Penyakit flu ini dikatakan ringan, karena sembilan puluh persen yang terinfeksi dapat disembuhkan dan sepuluh persen dengan komplikasi.

Sementara jumlah pasien yang terjangkit virus flu singapura di Pamekasan saat ini mencapai belasan anak, namun sebagian sudah sembuh.(riz)