Jangan Cemas Bun, Kini RSU Kusuma Pamekasan Layani Lahiran Normal Tanpa Rasa Nyeri Pakai Metode Ila Wela

78

PAMEKASAN, MADUTV – Rumah Sakit Umum Kusuma Hospital Pamekasan, Jawa timur, Sabtu (22/06/2024), kini memberikan pelayanan bagi ibu hamil melahirkan normal dengan metode Ila Wela.

Metode tersebut yakni menyuntikkan obat melalui tulang belakang bagian bawah dan membuat bagian pinggang sampai kaki mati rasa. Obat disuntikkan saat sudah pembukaan persalinan empat atau lebih.

Metode Intrathecal Labour Analgesia (Ila) Walking Epidural Lumbar Analgesia (Wela) merupakan metode medis untuk ibu hamil agar bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit.

Owner RSU Kusuma, dr. Tatik Sujiati mengatakan, banyak perempuan yang trauma saat hendak melahirkan sebab nyeri dan rasa sakit yang luar biasa.

“Dengan digelarnya Talk Show bertajuk ‘Kupas Tuntas Persalinan Normal Tanpa Nyeri dengan Metode Ila Wela’ dengan menggandeng semua bidan se-Pamekasan bisa memberikan solusi terbaik. Adanya metode itu pihaknya ingin menghadirkan rasa aman kepada ibu hamil dari nyeri saat persalinan melalui metode tersebut,” kata dr. Tatik Sujiati saat menjadi narasumber bersama dr. Aceng Apandi di acara Talk Show di Aula Rani Lani RS setempat.

Sementara itu Direktur Kusuma Hospital, dr. Achmad Marsuki menyebut pihaknya memberikan atensi khusus terhadap kesehatan ibu dan anak sejak dalam kandungan hingga lahiran.

“Kusuma Hospital terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi keselamatan ibu dan anak sejak dalam kandungan hingga melahirkan,” kata dr Achmad Marsuki.

Menurutnya salah satunya upaya itu dengan persalinan melalui metode Ila Wela, sehingga ibu hamil bisa melahirkan dengan normal tanpa merasakan nyeri.

“Jadi semua perempuan yang pernah melahirkan pasti merasakan nyeri yang luar biasa saat persalinan, dengan metode ini nyeri akan dikurangi,” pungkasnya.(Riz)