Nelayan Banyuwangi Dapat Hibah Kapal Rampasan dari KKP

BANYUWANGI, MADU TV – Nelayan di Kampung Mandar, Kelurahan Lateng, Banyuwangi, mendapat berita gembira pada Sabtu kemarin. Mereka menerima hibah kapal rampasan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dua kapal langsung diserahkan kepada nelayan, sementara dua kapal lainnya diberikan kepada koperasi nelayan setempat. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Sebanyak dua kapal ikan, dengan ukuran masing-masing 106,67 GT dan 60,05 GT, berasal dari barang rampasan negara. Kapal-kapal ini diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk diteruskan kepada kelompok usaha bersama nelayan dan/atau koperasi perikanan di Banyuwangi, Jawa Timur. Selain dua kapal tersebut, masih ada tiga kapal lainnya yang akan diserahkan kepada kelompok usaha bersama nelayan dan/atau koperasi perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono menjelaskan bahwa kelima kapal yang akan diserahkan merupakan hasil rampasan dari nelayan Vietnam yang ditangkap KKP di perairan Natuna, Kepulauan Riau, sepanjang tahun 2022. Penyerahan kapal rampasan dilakukan secara bertahap untuk memastikan kondisi kapal dalam keadaan siap digunakan oleh nelayan.

Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono menyatakan, “Atas penyerahan kelima kapal ini, Bupati Banyuwangi, Ipuh Fiestiandani, berharap dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan nelayan Kampung Mandar, Kelurahan Lateng. Dia juga mengakui bahwa sektor perikanan turut menyumbang pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi, di mana produksi perikanan Banyuwangi bisa mencapai 48 ribu ton dengan jumlah nelayan mencapai 29 ribu orang.”

Bupati Banyuwangi, Ipuh Fiestiandani, menyambut baik hibah kapal rampasan tersebut dan berharap dapat memberikan dampak positif bagi nelayan di Banyuwangi.

Wartawan : Agus Winardi | Editor : Riaza Romy