Komplotan Pencuri Lintas Provinsi Obok-Obok Pertokoan di Banyuwangi

BANYUWANGI, MADU TV – Komplotan pencuri lintas provinsi kembali menyatroni sejumlah pertokoan di Banyuwangi. Dengan modus operandi yang terorganisir, mereka berhasil menggasak uang tunai senilai puluhan juta rupiah. Aksi para pelaku diduga berjumlah empat orang dan berhasil terekam kamera pengawas salah satu toko. Pada Rabu (13/03/2024).

Aksi keempat pelaku terekam kamera pengawas toko sembako milik Andi Tri Handoko Putro, di Dusun Pekulo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, pada hari Senin kemarin. Pelaku dengan leluasa menggasak uang tunai senilai 4,4 juta rupiah dan rokok senilai 4,5 juta rupiah.

Sebelumnya, para pelaku masuk melalui pintu depan dengan cara merusak kunci pintu harmonika. Terlihat masing-masing pelaku memerankan tugasnya, di mana tiga orang menjadi eksekutor menguras isi toko, sedangkan satu orang berjaga di luar.

Saat beraksi, mereka menggunakan satu unit mobil Toyota Calya warna abu-abu. Tidak hanya satu, menurut Kapolsek Srono, AKP Hendry Christianto, komplotan pelaku ini juga menyasar toko sembako milik Imam Muzaki, di Dusun Krajan, Desa Parijatah Wetan, Srono. Mereka masuk dengan cara mencongkel pintu belakang toko menggunakan linggis, dan berhasil menggasak rokok senilai 15 juta rupiah.

Hendry menyatakan, dari hasil olah TKP dan pemeriksaan CCTV, terungkap bahwa pelaku kerap beraksi di wilayah lain. Fakta tersebut diperoleh melalui nomor polisi dan jenis kendaraan yang digunakan. Sidik jari dan rekaman CCTV diamankan pihaknya sebagai barang bukti.

“Dari hasil koordinasi dengan Polsek KP3 Banyuwangi, kendaraan sejenis yang digunakan para pelaku sempat melintasi Pelabuhan Ketapang. Diduga mereka berasal dari wilayah Bali dan kerap melakukan aksi serupa di wilayah lain, hingga wilayah Semarang, Jawa Tengah,” ujar Hendry Christianto dalam wawancara eksklusif.

Wartawan : Agus Winardi | Editor : Riaza Romy