Kantor Perwakilan LPS di Surabaya Resmi Beroperasi

23

SURABAYA – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kepercayaan kepada nasabah bank, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) membuka Kantor Perwakilan LPS II yang berlokasi di Surabaya.

Peresmian kantor LPS di Surabaya dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa bersama dengan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih dan Anggota Dewan Komisioner Bidang Program Penjaminan Simpanan dan Resolusi Bank Didik Madiyono serta Anggota DPR RI Komisi XI Indah Kurnia, Anggota DPR Komisi XI Charles Meikyansyah, dan Konsul Kehormatan Filipina di Surabaya Edy Surohadi.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan bahwa pemilihan Surabaya sebagai salah satu lokasi kantor perwakilan LPS didasari pertimbangan bahwa Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan transaksi bisnis yang tinggi.

Purbaya juga mengatakan bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia. Hal ini terlihat dari porsi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur terhadap PDB Indonesia pada Triwulan I-2024 yaitu sebesar 14,45%1. Pada Triwulan I-2024, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur mencapai 4,81% YoY. Sementara itu dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), per April 2024 DPK perbankan Provinsi Jawa Timur mencapai Rp755,61 triliun, atau setara 8,73% terhadap total DPK nasional. Per April 2024, DPK Jawa Timur tumbuh 8,05% YoY.

Melalui sambutannya, Pj. Gubernur Jatim, Adhy Karyono mengatakan, pada hari ini adalah hari yang bersejarah dimana Kantor Perwakilan LPS II Surabaya akhirnya diresmikan, Pj. Gubernur pun atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengucapkan selamat dan sukses.

“Pada akhirnya LPS bisa lebih dekat untuk melayani wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sebagai lembaga yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas sistem perbankan, lanjut Adhy, LPS harus mampu memberikan jaminan dan perlindungan terhadap simpanan nasabah. Karena dengan memberikan jaminan perlindungan terhadap simpanan maka kepercayaan nasabah pun akan bertambah.

“Masyarakat merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi di bank, sehingga, akan mampu menjaga stabilitas ekonomi di wilayah Jawa Timur,” terangnya.

LPS menunjuk Bambang S. Hidayat menjadi Kepala Kantor Perwakilan LPS II yang berlokasi di Surabaya dengan cakupan wilayah kerja yang meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Seluruh wilayah Provinsi Kalimantan. Alamat Kantor Perwakilan LPS di Surabaya ialah di Pakuwon Tower Lantai 27, Jalan Embong Malang No. 21-31, Kedung Doro, Kecamatan Tegalsari.

Selain Kantor Perwakilan LPS II di Surabaya, pada tahun ini LPS juga telah membuka kantor perwakilan di dua daerah lainnya yaitu Kantor Perwakilan LPS I di Medan, dan Kantor Perwakilan LPS III di Makassar.(red)