Jelang Lebaran, Petugas Terminal Purabaya Bungurasih Lakukan Ramp Check

SIDOARJO, MADU TV  – Petugas Kementerian Perhubungan melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap armada bus di Terminal Purabaya Bungurasih, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Ramp check ini dilakukan untuk memastikan bus yang beroperasi dalam keadaan prima dan siap mengangkut penumpang mudik menjelang Lebaran 2024. Pada tanggal 29 Maret 2024, petugas menemukan satu unit bus dengan kondisi kaca depan pecah, yang kemudian ditindak tegas dengan diminta keluar dari terminal tanpa penumpang.

Ramp check atau inspeksi keselamatan ini meliputi pemeriksaan kelengkapan surat-surat dan spesifikasi teknis bus, seperti kondisi roda, lampu, kaca, rem, hingga kelengkapan palu pemecah kaca untuk kondisi darurat. Tujuan dari ramp check ini adalah untuk memastikan bus yang akan beroperasi dalam keadaan prima dan siap untuk mengangkut penumpang mudik Lebaran 2024, sehingga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan di jalan.

Setiap bus yang sudah lolos ramp check akan ditandai dengan pemasangan stiker inspeksi keselamatan di kaca kiri depan bus. Nantinya, hanya bus yang sudah lolos inspeksi keselamatan yang diperbolehkan beroperasi pada arus mudik dan balik Lebaran.

Saat melakukan ramp check tersebut, petugas mendapati bus jurusan Denpasar, Bali, dengan kondisi kaca yang pecah. Bus tersebut ternyata sebelumnya sudah diingatkan dan ditilang, namun tetap nekat masuk terminal untuk mengangkut penumpang. Petugas kemudian mengambil tindakan tegas dengan mengusir bus tersebut keluar terminal tanpa penumpang.

Ray Hendryan, Komandan Regu Terminal Purabaya, menyatakan bahwa kegiatan ramp check dilakukan untuk memastikan keselamatan penumpang dan kualitas armada bus yang beroperasi, terutama menjelang musim mudik Lebaran.

Wartawan : Muhammad Kholid | Editor : Riaza Romy