Hadirkan Edukasi Hukum Kepada Masyarakat, BEM Fakultas Hukum UTM Sukses Selenggarakan Bina Desa Dalam Rangka Diesnatalis UTM

55

BANGKALAN, MADUTV – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Suwaan Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan, dengan mengangkat tema “Dedikasi Muda Untuk Masyarakat Desa”. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 31 Mei – 2 Juni 2024.

Kegiatan Bina desa merupakan program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat dan Mitrra Kerja (SOSMA) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas hukum Kabinet Senada berkarnya, yang pada tahun ini bekerja sama dengan pihak Fakultas Hukum dalam rangka merealisasikan program kerja untuk merayakan dies natalis Universitas Trunojoyo Madura yang ke-23. Pelaksanaan kegiatan ini tiada lain bermaksud untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, memberikan pengalaman dalam bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai generasi andal, melatih mahasiswa dalam bersosialisasi dengan masyarakat desa, dan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat tersebut, serta sosial responsibility untuk melatih dan meningkatkan kepekaan sosial.

Lebih lanjut lagi, bina desa ini dikemas dengan bentuk kegiatan sosialisasi tentang penyelesaian sengketa tanah, donor darah, kerja bakti, dan nantinya juga aka ada keseruan lainnya seperti halnya nonton bareng, dan senam pagi. Dari kegiatan tersebut harapan kami nantinya, teman-teman mahasiswa dapat menjadi pribadi yang bermanfaat dan peka terhadap keadaan masyarakat dengan ilmu yang mereka peroleh selama menempa ilmu di Fakultas Hukum UTM.

Kegiatan ini melibatkan pengurus BEM FH, Dekan Fakultas Hukum Ibu Dr. Erma Rusdiana S.H., M.H. kemudian Wakil Dekan 1 sekaligus pemateri Bapak Tholib Efendi S.H., M.H., Ibu Dr. Rina Yulianti S.H. M.H. dengan masing-masing materi restorative justice dalam penyelesaian kasus hukum dalam pemerintah desa dan pendaftaran dan penyelesaian sengketa tanah di desa.

Pasca sosialisasi tersebut kemudian dilanjutkan kegiatan donor darah oleh Unit Donor Darah Bangkalan dengan dihadiri oleh seluruh masyarakat Desa Suwaan, Koramil Modung, Polsek Modung dan berbagai tokoh masyarakat dan agama yang ada di Kecamatan Modung.

Gubernur fakultas hukum, Firman Nurdiansyah dalam sambutannya berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga menyampaikan “Tepat hari ini, 1 Juni hari lahirnya pancasila. Kalau di tahun 1945 dedikasi pemuda untuk memerdekakan bangsa, untuk merumuskan Pancasila. Kalau sekarang di 2024 ada BEM Fakultas Hukum UTM sebagai wadah para generasi muda untuk berdedikasi kepada masyarakat desa”, ujarnya.

Kepala Desa Suwaan, Moh. Abu Aris sangat mengapresiasi kegiatan kemasyarakatan ini. Beliau juga berharap melalui pengabdian masyarakat dapat menambah wawasan, kepedulian, melakukan kontrol terhadap berbagai hal yang bertentangan dengan nilai masyarakat di era ini, serta meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas yang dimana saat ini negara kekurangan sumber daya manusia yang berkualifikasi terhadap hal kecil maupun hal besar ataupun kompleks. Tentunya BEM Fakultas Hukum terus berharap nantinya akan dapat terus memberikan kontribusi yang baik dan positif bagi masyarakat, melalui program – program kerja yang kami adakan.(rhm)