Gempa M 6,1 Guncang Tuban, Sejumlah Warga Surabaya Berlarian Keluar

TUBAN, MADU TV – Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 6,1 mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur pada Jumat (22/3/2024) sekitar pukul 11.22.25 WIB. Guncangan gempa ini turut dirasakan hingga ke kota Surabaya dan Gresik, menyebabkan kepanikan di kalangan warga.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di laut, tepatnya di koordinat 5,74 lintang selatan dan 112,32 bujur timur, sekitar 132 kilometer timur laut Tuban. Diketahui gempa ini berkedalaman 10 kilometer, namun BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, kepanikan merambah hingga ke Surabaya. Di beberapa ruko kawasan UPA Jiwa, Surabaya, para pekerja di lantai 2 ruko berlarian ke luar menyusul terjadinya gempa. Bahkan ada yang berlarian tanpa mengenakan alas kaki.

Para mahasiswa di Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya juga terdampak. Mereka yang sedang berada dalam kelas segera memburu ke luar begitu merasakan guncangan gempa. Salah satu mahasiswa mengaku gempa atau lindu terasa sekitar 10 detik.

Guncangan gempa tersebut juga diikuti oleh gempa susulan. Pada pukul 12.31 WIB, gempa susulan terjadi dengan kekuatan magnitudo 5,3, dan kemudian pada pukul 13.05 WIB, gempa kembali mengguncang dengan kekuatan magnitudo 3,9.

Melihat situasi ini, BMKG melalui laman peringatan mereka, warning.bmkg.go.id, mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap kemungkinan adanya gempa susulan yang dapat terjadi.