Antusias Warga Tulungagung Tukarkan Uang Baru

TULUNGAGUNG, MADU TV  – Antusiasme warga Tulungagung untuk menukarkan uang baru cukup tinggi. Layanan penukaran uang baru oleh Bank Indonesia melalui mobil kas keliling diserbu oleh warga. Mereka berbondong-bondong menukarkan uang pecahan kecil untuk angpao Lebaran. Setiap warga dibatasi untuk menukarkan uang baru, dengan batas maksimal sebesar 4 juta rupiah.

Layanan penukaran uang baru ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia Kediri di GOR Lembupeteng Tulungagung. Begitu layanan dibuka, masyarakat langsung membanjiri untuk menukarkan uang lama menjadi uang baru. Uang baru menjadi salah satu tradisi dalam perayaan Lebaran nanti, di mana warga biasanya menggunakan uang baru untuk memberikan angpao saat Lebaran.

Proses penukaran uang baru berjalan dengan tertib, dimana warga antre di depan mobil kas keliling. Penukaran uang baru ini juga mendapat pengawalan ketat dari kepolisian, sebagai langkah antisipasi terhadap kejadian kriminal. Identitas warga diperiksa terlebih dahulu sebelum mereka menukarkan uang di mobil kas keliling ini.

Menurut salah seorang warga, program penukaran uang baru hanya bisa dilayani bagi warga yang telah mendaftar secara online. Masing-masing pendaftar hanya bisa menukarkan maksimal 4 juta rupiah, dengan pecahan dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dan dua puluh ribu rupiah.

Rizka Puspita, seorang warga, menyatakan bahwa penukaran uang baru telah menjadi tradisi masyarakat setiap menjelang Lebaran. Uang baru biasanya digunakan untuk angpao atau uang saku bagi anak-anak.