5 Bilik Ponpes Dayah Asbabul Yamin di Aceh Utara Terbakar

ACEH UTARA, MADU TV-Kebakaran hebat melanda Pondok Pesantren Dayah Asbabul Yamin di Gampong Tumpok Mesjid, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara pada pagi Senin, 18 Maret 2024. Meskipun kejadian tragis ini tidak merenggut nyawa, namun kerugian materiil yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Lima bilik atau kamar santri di Pondok Pesantren tersebut ludes terbakar dalam peristiwa mengerikan ini. Beruntungnya, saat kebakaran terjadi, para santri sedang berlibur selama bulan Ramadhan, sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Informasi yang kami terima menyebutkan bahwa kobaran api pertama kali terlihat sekitar pukul 10:00 pagi, berasal dari salah satu kamar yang pada saat itu kosong. Dugaan sementara menunjukkan bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh arus pendek atau korsleting listrik.

“Tentu kami sangat bersyukur bahwa tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Namun, kerugian materiil yang ditimbulkan sangatlah besar,” ujar Tgk. Muhammad Hatta, seorang dewan guru di Pondok Pesantren Dayah Asbabul Yamin.

Berkat bantuan cepat dari warga sekitar dan petugas pemadam kebakaran, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11:00 siang.

Kejadian tragis ini memberikan peringatan penting bagi semua pihak untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya kebakaran, serta pentingnya menjaga sistem listrik dengan baik guna mencegah terjadinya korsleting yang dapat berujung pada kebakaran. Semoga Pondok Pesantren Dayah Asbabul Yamin dapat segera pulih dan beroperasi seperti sedia kala.

Kontributor : Saiful Bahri | Editor : Riaza Romy