Ziarah Makam Jelang Hari Jadi kota Madiun ke-106

109

MADIUN, MADUTV – Jelang Hari Jadi kota Madiun (HJM) yang ke 106 yang jatuh pada tanggal 20 Juni,PJ Walikota Madiun “Eddy Supriyanto” Bersama jajaran Forkopimda, Pimpinan OPD,Camat,melakukan kegiatan Ziarah makam leluhur,Pada Rabu (19/6).

Kegiatan Ziarah makam di mulai dari Makam Kuncen PJ Walikota bersama rombongan melaksanakan doa bersama, pemotongan tumpeng dan tabur bunga di atas persemayaman. Di Makam Kuncen sendiri terdapat beberapa makam leluhur yang pernah menjabat sebagai bupati Madiun, yaitu makam Ki Ageng panembahan Ronggo Djoemeno menjabat menjadi bupati Madiun era 1568-1586, kemudian makam bupati Mangkunegaran 1,Patih Wonoasri,dan para bupati lainnya.

Kemudian rombongan melanjutkan mengunjungi makam taman kuno di makam taman kuno sendiri juga terdapat beberapa makam leluhur,di antaranya,Makam Raden Ronggo Prawirodirjo 1 atau Raden Ronggo Prawiro Sentiko yang menjadi bupati brang wetan Gunung Lawu (1755-1784),Raden Ronggo Prawirodirjo 2 yang menjabat Bupati Madiun (1784-1797).Raden Ronggo Prawirodirjo 2 merupakan kakek dari Raden Ronggo Prawirodiningrat.kemudian makam Raden Bagus Sentot Prawirodirjo,yang merupakan panglima perang Pangeran Diponegoro.

Kegiatan Ziarah makam tersebut sebagai momentum mengenang jasa-jasa beliau, karena tanpa beliau,kota Madiun tak akan menjadi seperti ini.

Selain ziarah makam juga di laksanakan pemberian sejumlah bantuan kepada warga, bantuan BLTD, bantuan anak Stunting,serta bantuan gerobak Dari BAZNAS.(Rie)