Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Alutsista di Pangkalan TNI AU Iswahjudi

MAGETAN, MADU TV – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memulai kunjungan kerjanya di Jawa Timur pada Jumat (08/03/2024) dengan meninjau Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan.

Dalam kunjungannya tersebut, Presiden bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo melihat kesiapan tiga pesawat tempur TNI AU, yaitu dua pesawat F-16 dan satu pesawat T-50.

Kepada Presiden, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo menjelaskan bahwa dua F-16 yang ditampilkan adalah F-16 C/D dan F-16 AM/BM. Beberapa pesawat F-16 AM/BM telah mengalami peningkatan kemampuan, sehingga mampu melaksanakan pertempuran dengan amunisi cerdas, berpandu, dan bisa melaksanakan beyond visual range. Sementara itu, pesawat F-16 C/D lebih konvensional dan rencananya juga akan ditingkatkan kemampuannya.

Selain meninjau kesiapan pesawat tempur, Presiden Jokowi juga menyaksikan penampilan atraksi udara. Sejumlah pesawat udara dan helikopter melakukan aksi pelepasan bantuan dari udara, sebagai bagian dari demonstrasi kesiapan dan kemampuan Alutsista TNI AU.