Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Lawatan ke Tiga Negara Asean

Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta

Jakarta – Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu, 14 Januari 2024, sekitar pukul 14.00 WIB. Kedatangan beliau menyusul kunjungannya ke tiga negara anggota ASEAN.

Saat pesawat yang membawa Presiden mendarat, tampak Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kepala Kepolisian Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut menyambut di bawah tangga pesawat.

Sebelumnya, Presiden dan rombongan berangkat dari Bandar Udara Brunei, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, sekitar pukul 13.00 waktu setempat atau 12.00 WIB. Dalam penerbangan menuju Jakarta, Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

Dalam kunjungannya ke tiga negara ASEAN, Presiden Jokowi pertama-tama mengawali kunjungannya ke Filipina. Di sana, beliau menghadiri sejumlah acara kenegaraan bersama Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr., termasuk menerima kunjungan kehormatan Menteri Transportasi dan Menteri Pertahanan Filipina.

Setelah Filipina, Kepala Negara beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Vietnam. Di Hanoi, Presiden Jokowi mengikuti sejumlah kegiatan kenegaraan dan melakukan pertemuan dengan para pemimpin Vietnam. Beliau menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat dari Vietnam selama rangkaian kunjungan kerjanya di sana.

Rangkaian kunjungan ke tiga negara ASEAN ini Presiden Jokowi akhiri dengan mengunjungi Brunei Darussalam. Di Bandar Seri Begawan, beliau bertemu dengan sejumlah pebisnis Brunei Darussalam dan menghadiri undangan pernikahan Pangeran Abdul Mateen, putra Sultan Hassanal Bolkiah.