PJ Gubernur Jawa Timur Berharap Bandara di Kediri Segera Beroperasi dan Diresmikan oleh Presiden Jokowi

KEDIRI, MADU TV – PJ Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, berharap agar Bandara Internasional Dhoho di Kediri segera dapat beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini disampaikan karena semua perijinan terkait bandara tersebut telah lengkap dan tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Perhubungan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh PJ Gubernur Jatim saat melaksanakan safari Ramadan dan membuka pasar murah di halaman Masjid Agung Kota Kediri. Adhy Karyono menyatakan bahwa semua perijinan terkait bandara sudah lengkap dan telah diajukan ke Kementerian Perhubungan. Oleh karena itu, Bandara Internasional Kediri hanya tinggal menunggu waktunya saja.

Menurut Adhy Karyono, Bandara Dhoho Kediri memiliki landasan pacu sepanjang 3.300 meter dengan lebar 45 meter dan mampu didaratkan segala jenis pesawat sekelas Boeing 777. Bahkan, saat ini bandara tersebut sudah seratus persen siap digunakan.

Terdapat beberapa maskapai penerbangan yang intens berkomunikasi untuk mengisi slot dan rute di Bandara Dhoho Kediri, antara lain Super Air Jet, Lion, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Citilink. Terkait dengan rute penerbangan, beberapa di antaranya sudah diajukan kepada Kementerian Perhubungan, seperti Kediri-Jakarta, Kediri-Makassar, Kediri-Balikpapan, dan Kediri-Banjarmasin. Selain itu, terdapat tambahan rute seperti Kediri-Bali dan Kediri-Palembang.

Dengan harapan agar Bandara Internasional Dhoho Kediri segera beroperasi, diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan mobilitas di wilayah Kediri dan sekitarnya.

Wartawan : Efendi Muhtar |  Editor : Riaza Romy