Nguri-uri Budaya Osing, Polresta Banyuwangi Gelar Festival Kuntulan dan Tari Cilik Sambut Hari Bhayangkara ke-78

77

BANYUWANGI, MADUTV – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Polresta Banyuwangi tidak hanya fokus pada keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi juga pada pelestarian seni dan budaya. Pada hari Sabtu (29/6/2024), Polresta Banyuwangi mengadakan Festival Kuntulan dan Tari Cilik di halaman Mapolresta Banyuwangi.

Festival ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Polresta Banyuwangi, sebagai bentuk upaya nguri-uri budaya khas Banyuwangi, khususnya Kuntulan. Kesenian Kuntulan merupakan warisan budaya asli suku Osing, yang memadukan tarian dan musik hadrah dengan nuansa Islami dan rohani.

Dalam festival ini, tiga kelompok hadrah terpilih setelah melalui seleksi video online. Dari puluhan peserta, tiga kelompok yang paling atraktif dari segi tata tarian dan permainan musiknya berhasil terpilih. Musik Kuntulan yang ditampilkan juga dikolaborasikan dengan gamelan khas Osing, menambah keunikan dan daya tarik pertunjukan. Ketiga kelompok ini menerima penghargaan masing-masing untuk kategori koreografi terbaik, penata musik terbaik, dan penyaji terbaik.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono,S.H., S,I.K., M. Si menyampaikan apresiasinya, “Ketiganya mampu menyuguhkan penampilan terbaik, sehingga mendapatkan penghargaan dari Polresta Banyuwangi.”

Selain Kuntulan, festival ini juga menampilkan tiga penyaji tarian cilik terbaik yang dipilih melalui seleksi video. Diharapkan, Festival Kuntulan ini dapat melestarikan budaya asli Banyuwangi sehingga seni warisan leluhur tetap terjaga di Bumi Blambangan.(Gus)