Menhan Prabowo Menerima Kunjungan Dubes Spanyol, Bahas Peningkatan Kemandirian Pertahanan Negara

JAKARTA, MADU TV – Dubes Spanyol untuk Indonesia, H.E. Mr. Francisco de Asís Aguilera Aranda, di Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada Jumat (15/3/2024).

Dalam pertemuan bilateral antara Menhan Prabowo dengan Dubes Spanyol, Menhan menekankan pentingnya kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dan Spanyol. Spanyol dipandang memiliki peran yang strategis dalam upaya penguatan pertahanan Indonesia.

Dalam konteks kerja sama di bidang industri pertahanan dan pengadaan alutsista, Kementerian Pertahanan Spanyol menawarkan kerja sama transfer teknologi untuk sistem komunikasi yang dapat diintegrasikan pada kendaraan tempur Leopard dan Anoa. Pihak Spanyol berharap Kementerian Pertahanan RI dapat memfasilitasi perusahaan Nucleo Duro Defensa untuk melakukan presentasi di lingkungan Mabesad/Dithubad.

Selain itu, dalam upaya peningkatan kerja sama di bidang operasi dan latihan personel serta pemeliharaan alutsista, Angkatan Darat Spanyol memiliki pengalaman dalam mengoperasikan tank Leopard. Terkait hal tersebut, Kementerian Pertahanan dapat saling berbagi pengetahuan terkait penanganan dan perawatan alutsista.

Menhan Prabowo menyoroti potensi kolaborasi antara Indonesia dan Spanyol dalam memperkuat kerja sama bilateral guna meningkatkan kemandirian pertahanan negara.

Pertemuan antara Menhan Prabowo dan Dubes Spanyol diharapkan dapat membuka jalan bagi kerja sama yang lebih erat di masa depan, terutama dalam upaya meningkatkan kemampuan pertahanan nasional Indonesia.