Mahfud MD Setuju Sirekap Diaudit dan Tetap Terapkan Rekapitulasi Manual

19

Jakarta, MADU TV – Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, menyatakan setuju bahwa aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang dimiliki oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus segera diaudit. Pernyataan tersebut disampaikan sebagai tanggapan atas berbagai kesalahan yang ditemukan dalam sistem tersebut oleh masyarakat.

Dalam pernyataannya, Mahfud MD menekankan bahwa Sirekap masih memiliki banyak kekurangan dan kesalahan yang perlu ditanggapi serius. Dia mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap proses audit yang dilakukan terhadap Sirekap, dengan pertanyaan kapan audit dilakukan dan dalam bentuk seperti apa hasilnya.

“Sirekap itu kan masih ndak karuan juga. Katanya sudah diaudit oleh yang berwenang, kapan diaudit dan dalam bentuk seperti apa auditnya?” ujar Mahfud di kediamannya, kawasan Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Meskipun KPU mengklaim bahwa Sirekap telah diaudit oleh lembaga berwenang, Mahfud menyatakan keinginannya agar audit dilakukan oleh lembaga independen. Menurutnya, audit yang dilakukan oleh lembaga independen akan lebih objektif dan dapat memberikan hasil yang lebih akurat.

Lebih lanjut, Mahfud mengakui bahwa meskipun data di Sirekap tidak menjadi rujukan penentuan hasil Pemilihan Presiden 2024, namun keberadaannya telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat karena banyaknya kesalahan dalam input data suara. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya audit oleh lembaga independen untuk memastikan keakuratan dan keandalan sistem tersebut.