KPU RI Menyatakan Format Debat Keempat, Calon Wakil Presiden Tidak Diubah

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, bersama anggota KPUM, dalam sebuah konferensi pers di kantor KPU, Jakarta,

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia mengumumkan bahwa format debat calon Wakil Presiden pada debat keempat Pilpres 2024 yang akan diselenggarakan pada Minggu (21/1/2024) tidak mengalami perubahan. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, bersama anggota KPUM, dalam sebuah konferensi pers di kantor KPU, Jakarta, pada Jumat (19/1/2024).

Hasyim Asy’ari menegaskan bahwa keputusan untuk tidak mengubah format debat tersebut diambil guna menjaga suasana kondusif selama berlangsungnya debat. Dalam upaya menciptakan lingkungan yang proporsional, KPU meminta agar moderator bersikap tegas untuk menghentikan sorakan dan teriakan yang mungkin muncul dari tim pendukung atau penonton saat debat berlangsung.

Sebagai bagian dari persiapan, KPU menekankan pentingnya peran moderator dalam menjalankan debat secara tertib dan fokus. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa debat berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan, sehingga substansi dari pandangan dan gagasan calon Wakil Presiden dapat diperoleh dengan maksimal.

Dalam sambutannya, Hasyim Asy’ari mengungkapkan, “Kami berharap agar seluruh pihak dapat menghormati proses debat ini sebagai bagian dari perjalanan demokrasi. Kondusivitas acara menjadi kunci dalam mendapatkan pemahaman yang baik terhadap visi dan misi calon Wakil Presiden.”

Pada bagian lain, Anggota KPU, August Mellaz, melalui sambutan yang disertakan dalam rekaman suara (SOT) menegaskan komitmen KPU untuk menyelenggarakan debat dengan standar profesionalitas yang tinggi. Dalam waktu yang telah ditetapkan, Mellaz menyoroti aspek-aspek teknis pelaksanaan debat yang menjadi fokus KPU.

Debat keempat Pilpres 2024 diharapkan dapat menjadi forum yang konstruktif, di mana masyarakat dapat memperoleh informasi yang mendalam mengenai pandangan serta program kerja calon Wakil Presiden. Dengan mempertahankan format yang telah ditentukan, KPU berupaya memberikan jaminan bahwa debat berlangsung dengan adil dan transparan, mencerminkan semangat demokrasi yang berkualitas.