Kotak Suara Rusak dan Tidak Sesuai Spek, KPU Menunggu Pengganti

KPU Tulungagung Temukan Kotak Suara Rusak dan Tidak Sesuai Spek, KPU Menunggu Pengganti

Tulungagung, Jawa Timur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung telah menyelesaikan proses perakitan kotak suara untuk Pemilu 2024. Namun, dalam proses tersebut, ditemukan tiga kotak suara yang mengalami kerusakan dan tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. KPU telah melaporkan temuan ini dan masih menunggu pengiriman kotak suara pengganti.

KPU Tulungagung juga menghadapi kendala terkait logistik pemilu. Hingga saat ini, kiriman surat suara untuk DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan Pilpres belum sepenuhnya diterima. Meskipun begitu, KPU telah melakukan persiapan logistik lainnya, termasuk perakitan kotak suara. Dari total 16.563 kotak suara yang diterima, 16.560 di antaranya telah dirakit dan siap digunakan.

Pihak KPU melaporkan adanya ketidaksesuaian antara kiriman dan spesifikasi kotak suara yang ditemukan setelah perakitan. Sebanyak 16.560 kotak suara yang sudah siap digunakan kini tersimpan rapi di gudang logistik KPU Tulungagung. KPU Pusat telah diberitahu mengenai kekurangan ini.

Selain itu, KPU masih menunggu kedatangan logistik berupa surat suara untuk DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan Pilpres. Sementara surat suara untuk DPRD Kabupaten sudah tiba dan lengkap sesuai jadwal. Kekurangan surat suara ini dijadwalkan akan dikirim pada minggu ini. Proses pelipatan dan pensortiran akan segera dilakukan setelah surat suara lengkap.

Ketua KPU Tulungagung, Susanah, menyatakan rencananya untuk menggunakan tenaga pelipatan surat suara yang profesional. Proses ini akan melibatkan 100 pekerja dan diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu seminggu. KPU berkomitmen untuk memastikan kelancaran proses pemilu di Tulungagung dan menanggapi permasalahan logistik dengan segera.