KEMENDAG Pantau Harga Beras di Pasar Klender SS Jakarta

25

JAKARTA TIMUR, MADU TV – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, melakukan pemantauan harga dan ketersediaan beras di Pasar Klender SS, Jakarta, pada Senin (26/02/24).

Menteri Perdagangan mengungkapkan bahwa harga beras premium dan beras lokal masih terus mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan oleh adanya fenomena El Nino yang mengakibatkan pergeseran musim panen, sehingga pasokan beras menjadi langka.

“Terkait harga beras, kita melihat bahwa harga beras premium dan beras lokal masih naik. Ini disebabkan oleh adanya El Nino yang mengakibatkan pergeseran musim panen, sehingga pasokan beras menjadi langka,” ungkap Menteri Perdagangan.

Menteri Perdagangan juga menambahkan bahwa pemerintah telah menyediakan alternatif untuk menjaga stok beras di pasar. Alternatif tersebut adalah dengan memberikan beras subsidi melalui Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp55.000 per 5 kg, serta beras komersial seharga Rp14.000 per kg dari Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Kita telah menyediakan alternatif dengan memberikan beras subsidi melalui Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp55.000 per 5 kg, serta beras komersial seharga Rp14.000 per kg dari Bulog,” tambahnya.

Pemantauan harga beras ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga pangan di pasaran, khususnya di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu.