AHY : Persoalan Lahan di IKN Harus Dituntaskan Secara “Clean and Clear”

JAKARTA, MADU TV – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan sambutannya dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian ATR/BPN 2024 di Jakarta, pada Kamis (7/3/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti persoalan lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang harus dituntaskan secara “clean and clear”. Hal ini diungkapkan guna memberikan jaminan kepercayaan kepada para investor atas investasi mereka di IKN.

“Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional terus mengawal seluruh lahan yang dipersiapkan untuk pengembangan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim),” ungkap AHY.

Menurut AHY, pembangunan IKN di Kaltim bukan hanya menjadi representasi kemajuan Indonesia, tetapi juga sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045. Melalui pembangunan IKN, pemerintah ingin menampilkan kehidupan di tengah hutan dengan ekosistem yang berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Hingga saat ini, Kementerian ATR/BPN telah berupaya mengerjakan pekerjaan rumah dan terus berkoordinasi dengan Otoritas IKN. Ada 9 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) IKN yang sudah dituntaskan, serta 21 paket pengadaan tanah IKN di mana 10 paket sudah selesai, sedangkan 11 paket lainnya telah mencapai progres 80 persen dan tinggal 20 persen lagi yang perlu diawasi dengan baik.