Wamenkominfo Ajak Masyarakat Dukung 12 Karya TIK Perwakilan di WSIS Prizes 2024

JAKARTA, MADU TV – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung 12 nominasi karya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang menjadi perwakilan Indonesia dalam World Summit of the Information Society (WSIS) Prizes 2024.

Sebagai informasi, perwakilan Indonesia berhasil meraih nominasi dalam ajang bergengsi di bidang TIK yang diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam WSIS Prizes 2024.

Nezar juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada para nominator WSIS Prizes 2024 yang berasal dari berbagai kalangan dan wilayah di Indonesia. Karya-karya nominator Indonesia ini bersaing dengan 360 inisiatif TIK dari seluruh dunia dalam 18 kategori.

“Dua belas nominasi karya TIK dari Indonesia ini berhasil terpilih setelah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh tim pakar PBB, dari lebih dari 1000 pendaftar. Dukungan melalui vote merupakan salah satu faktor penentu agar karya TIK ini dapat menjadi juara atau champion,” ujar Nezar Patria.

Beberapa karya TIK yang mendapat nominasi dalam WSIS Prizes 2024 antara lain:

  1. Bakti DNA Ecosystem dari Bakti KOMINFO
  2. Addressing the Digital Divide Challenges in Indonesia dari Common Room Networks Foundation
  3. Jawara Internet Sehat (Cyberwise Champion) dari ICT Watch
  4. Bakti Impact Adventures dari Bakti KOMINFO
  5. School Online Assessment dari Relawan TIK Magetan
  6. Alvori Technology dari PT Alvori Satria Anagata
  7. Bakti ICT Vocational Training dari Bakti KOMINFO
  8. Internet Sambung Desa dari RTIK Blitar
  9. Jakarta Lawan Hoaks dari Diskominfo DKI Jakarta
  10. Podcast Talkshow Literat, Jujur dan Kreatif (Literate, Honest and Creative Talkshow Podcast) dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Madiun
  11. Remaja Penggerak Literasi TIK Madiun (The Youth ITC Empowerment Literacy Madiun) dari OpenMadiun Communicate
  12. SDGs Edupedia dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung.

Dukungan masyarakat dalam bentuk vote akan menjadi kunci penting untuk kesuksesan karya-karya TIK Indonesia ini dalam WSIS Prizes 2024.

Informasi lebih lanjut mengenai nominasi dan cara mendukung dapat ditemukan melalui sumber resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).