Usai Temui Ketum PBNU, Menteri Yasona Laoly Ungkap Zakat Dapat Meringankan Beban Masyarakat

JAKARTA, MADU TV – Setelah bertemu dengan Ketua Umum PBNU, KH Yahya Kholil Staquf, Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna Laoly, mengungkapkan bahwa zakat merupakan komponen penting dalam membantu meringankan beban masyarakat. Pertemuan tersebut berlangsung pada Rabu, 13 Maret 2024.

Menteri Yasonna Laoly merupakan seorang pejabat publik yang meminta kepada para pejabat dan pegawai di Kementeriannya untuk menunaikan zakat. Dia juga mengajak instansi pemerintahan lainnya untuk melaksanakan rukun Islam ketiga tersebut. Hal ini disampaikannya usai pertemuan dengan Ketua Umum PBNU, KH Yahya Kholil Staquf, di Gedung PBNU lantai 3 pada Rabu, 13 Maret 2024.

Yasonna Laoly, meskipun bukan seorang Muslim, menganggap zakat sebagai komponen penting dalam membantu meringankan beban masyarakat. Dia mengaku bahwa tindakan ini dilakukannya atas dorongan panggilan kemanusiaan dalam menolong.

Atas perhatiannya terhadap zakat, Menteri Yason Laoly mendapatkan penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNNESS Awards tahun 2024 dalam kategori Pejabat Negara Pendukung Zakat. Penghargaan tersebut diberikan karena Kementerian Hukum dan HAM berhasil mengumpulkan zakat fitrah terbanyak dari kategori instansi pemerintah selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2023 dan 2024.