Usai Dilantik,Pantarlih Dapat Bimbingan Teknis dan Geber Coklit, KPU Kota Kediri Lantik Pantarlih di 46 Kelurahan

111

KEDIRI, MADUTV – Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawatimur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, salah satunya melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta Bimtek Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Kepala Daerah, Senin (24/6/2024).

Pelantikan Pantarlih dilakukan di 46 Kelurahan, yang ada tiga Kecamatan di Kota Kediri, yakni Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota, dan Kecamatan Pesantren, yang dilaksanakan di masing masing Kelurahan.

Usai melaksanakan pelantikan Pantarlih di Kelurahan Dandangan Kecamatan Kota Kediri, Ketua KPU Kota Kediri, Reza Cristian, menjelaskan, setelah dilakukan Pelantikan dan Sumpah Jabatan dilanjutkan dengan BIMTEK.

Bang Reza panggilan akrab Ketua KPU Kota Kediri menjelaskan, pelantikan ini sebanyak 782 orang Pantarlih se-Kota Kediri di 46 Kelurahan, dengan total 401 TPS yang dilaksanakan pelantikan di Kelurahan masing masing.

Setelah dilantik, nanti teman-teman Pantarlih yang langsung melakukan tugasnya melakukan coklik (pencocokan dan data pemilih) , minimal 10 orang.

“Hari ini minimal 10 orang yang akan dilakukan Coklik, karena instruksi dari KPU Jatim ada program untuk memecahkan rekor muri Satu juta calon pemilih setelah dilakukan pelantikan, “terangnya.

Selain itu, ketua KPU Kota Kediri juga berpesan kepada pantarlih se-Kota Kediri yang dilantik dan melakukan bimbingan teknik untuk segera menyesuaikan tugas sesuai regulasinya.

“Untuk pantarlih se-Kota Kediri menyerap semua materi yang diberikan dalam Bimtek, untuk bisa terjun ke masyarakat sesuai tugas dan fungsinya, “tutupnya.

Dalam kesempatan ini Ketua KPU Kota Kediri, menekankan tentang fungsi dan tugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), yang merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran Pemilih.

Pantarlih dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran Pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya.

Pantarlih harus tepat dalam pencocokkan data dan teliti dalam bekerja serta dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait salah satunya adalah RT/RW termasuk dengan Panitia Pemungutan Suara.(Ef)