Tanah Longsor Menimpa Kandang Ayam di Blitar, 3 Korban Dikabarkan Hilang

127

BLITAR, MADUTV – Bencana tanah longsor terjadi di Desa Bumirejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, Minggu 30 Juni 2024 sore. Video yang beredar memperlihatkan bahwa tanah longsor menimpa sebuah kandang ayam yang di dalamnya terdapat pekerja yang sedang memanen ayam pedaging.

Beberapa orang terlihat mencoba mendekat ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelamatan. Namun material tanah kembali longsor hingga mendorong bangunan kandang ayam yang sudah rata dengan tanah.

Warga yang berada di dekat lokasi kejadian pun sampai berteriak histeris agar area tersebut segera dikosongkan.

Seswoyo Kepala Desa Bumirejo mengatakan tanah longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

“Tadi sore sekitar jam 4 ada tanah longsor, di bawahnya ada warga yang memanen ayam sayur. Longsor terjadi dari atas, terus warga ada yang menolong tapi terjebak disitu juga. Antara tiga sampai empat orang. Ini masih dilakukan pencarian,” ungkap Seswoyo.

Dia menjelaskan, kondisi tanah di Desa Bumirejo memang seperti rawan longsor. Sewaktu-waktu tanah longsor bisa terjadi. Baik sedang hujan maupun tidak.
“Sebelumnya (peristiwa) tidak hujan,” ujarnya.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Ivong Berttyanto mengatakan saat ini sudah menerjunkan personil ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Termasuk sejumlah peralatan yang dibutuhkan.

“Sementara kita langsung sterilkan lokasi, kita butuh cepat untuk menyelamatkan jiwa. Namun karena material tanahnya cukup banyak apakah butuh alat berat masih kita assesmen. Kita juga sudah diback up TNI dan Polri kami sudah komunikasi,” kata Ivong.(Sk)