Sekelompok Pemuda di Kota Blitar Terekam CCTV Rusak Baliho Caleg, Pemilik Lapor Bawaslu

BLITAR, MADUTV – Sekelompok pemuda terekam CCTV merusak alat peraga kampanye (APK) milik salah satu calon legislatif DPRD Kota Blitar.

Peristiwa pengerusakan itu terekam di perempatan antara Jalan Majapahit dan Jalan Suryat Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Tak jauh dari rumah pemilik baliho, Caleg PPP bernama Prawoto Sadewo.

Dalam CCTV terekam peristiwa itu terjadi Minggu 14 Januari 2024, sekitar pukul 02.00 WIB.

Rekaman CCTV memperlihatkan lima sepeda motor berjalan dari arah selatan ke utara, masing-masing berboncengan.

Sesampainya di perempatan dimana terpasang baliho Caleg salah satu penumpang motor turun dan langsung meninju baliho bergambar tokoh kartun One Piece itu hingga robek.

Usai merobek baliho caleg, mereka kemudian langsung tancap gas ke arah utara.

Atas peristiwa ini, Prawoto Sadewo selalu pemilik baliho langsung mengambil langkah tegas dengan melaporkannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar.

“Iya, kami tahu langsung lapor Bawaslu karena ada bukti yang jelas dan juga terekam kamera CCTV. Kami berharap ini diusut tuntas, jangan sampai nanti relawan dan teman-teman di lapangan mencari sendiri dan jutsru terjadi konflik karena ciri-cirinya jelas ada di rekaman CCTV itu,” terang Prawoto.

Dia berharap, pengerusakan ini benar-benar diusut hingga tuntas agar kedepan tidak ada lagi peristiwa serupa. Apapun alasannya, kata dia, pengerusakan tidak dibenarkan dan dapat mencederai masa kampanye damai dalam Pemilu 2024.

“Kami akan kawal ini agar diusut hingga tuntas,” tegasnya.

Sementara komisioner Bawaslu Kota Blitar M Nur Azis mengatakan, telah menerima laporan pengerusakan baliho caleg tersebut.

“Kami akan tindaklanjuti dan kami akan melakukan pengecekan di lapangan,” tegas Azis.

Dia menambahkan, adanya rekaman CCTV
mempermudah pihaknya untuk melakukan investigasi atas pengerusakan ini.

“Nanti kita akan lihat, kita akan minta keterangan warga sekitar lokasi kejadian serta kalau ada akan kami cek, kami lihat rekaman CCTV dari sisi lain di lokasi itu,” pungkasnya.(sk)