Seekor Anak Buaya Ditemukan di Area Pesawahan Dievakuasi Damkar

TULUNGAGUNG, MADU TV – Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tulungagung melakukan evakuasi seekor anak buaya yang ditemukan di area pesawahan. Buaya berukuran panjang 85 cm dan berat sekitar 5 kilogram ini dievakuasi dari warga sekitar. Diduga buaya tersebut berasal dari Sungai Parit Raya yang berada di sekitar lokasi temuan. Pada Rabu (13/03/2024).

Warga Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, menemukan seekor anak buaya yang diduga jenis muara. Mereka melaporkan temuan ini ke petugas Damkar setempat. Petugas Damkar kemudian melakukan evakuasi dan membawa anak buaya ini ke kantor. Mereka berencana menyerahkan anak buaya tersebut ke pihak B-K-S-D-A.

Dari penuturan warga, buaya ini ditangkap saat berada di area pesawahan. Mereka melihat buaya dan langsung menangkapnya dengan jaring. Setelah ditangkap, buaya tersebut diserahkan ke rumah salah satu tokoh. Warga juga menyatakan sering melihat buaya berjemur di Sungai Parit Agung yang tak jauh dari lokasi temuan.

Berdasarkan informasi tersebut, kuat dugaan buaya berasal dari Sungai Parit Agung. Air dari sungai tersebut juga mengalir langsung ke area sawah warga. Untuk sementara, buaya dengan panjang 87 cm dan berat 5 kilogram ini diamankan di kantor Damkar.

“Iya, buaya ini rencananya akan diserahkan ke pihak B-K-S-D-A untuk keperluan lebih lanjut,” ujar Iwan Supriono, Kasi Penyelamatan dan Informasi Damkar Tulungagung.