Presiden Jokowi Tinjau Posko Pengungsian Warga Terdampak Banjir di Demak

Demak, Jawa Tengah – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengunjungi posko pengungsian warga yang terdampak banjir di SMK Ganesa, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada Jumat (22/03/2024). Setelah kunjungannya, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah langkah yang diperlukan untuk mengatasi banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Demak.

Hujan ekstrem yang turun menyebabkan tanggul tidak mampu menampung air dan jebol, sehingga menggenangi rumah warga. Namun, menurut Presiden, perbaikan tanggul di daerah tersebut telah dilakukan. Selain itu, pemerintah juga terus melakukan pemompaan untuk mengurangi genangan air. Presiden mengungkapkan bahwa genangan air yang semula mencapai 2 meter telah surut hingga sekitar 50 sentimeter. Presiden Jokowi menegaskan komitmen pemerintah dalam menangani bencana banjir di Demak. “Kami akan terus melakukan upaya-upaya terbaik untuk memulihkan kondisi dan membantu masyarakat yang terdampak banjir,” ujar Presiden.

Kunjungan Presiden Jokowi ini diharapkan dapat memberikan semangat dan dukungan kepada warga yang terdampak banjir, serta memastikan bahwa bantuan dan penanganan bencana dilakukan secara cepat dan efektif.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Bupati Demak Eisti’anah.