Presiden Jokowi Tinjau Panen Padi di Sigi Yang Mencapai 6,2 Ton Per Hektare

SIGI, MADU TV – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), melakukan peninjauan langsung panen raya di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Rabu (27/03/2024). Presiden Jokowi menyebutkan bahwa panen padi di Kabupaten Sigi mencapai 6,2 ton per hektare dan memberikan apresiasi atas capaian tersebut.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, dan Bupati Sigi Mohamad Irwan.

Pada saat panen raya tersebut, Presiden Jokowi mengemukakan bahwa hasil pertanian padi khususnya di Kabupaten Sigi bisa mencapai 6,2 ton per hektare dengan arahan Menteri Pertanian untuk segera melakukan mekanisme mempercepat penanaman kembali pasca panen. Oleh karena itu, pemerintah pusat menekankan pentingnya penanaman kembali usai panen dan mendorong petani di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dengan berbagai mekanisme yang digunakan Kementerian Pertanian.

“Hasil pertanian padi khususnya di Kabupaten Sigi bisa mencapai 6,2 ton per hektare dengan arahan Menteri Pertanian untuk segera melakukan mekanisme mempercepat penanaman kembali pasca panen,” ujar Presiden Jokowi.

Usai melakukan peninjauan panen padi itu, Presiden Jokowi menuju lokasi peresmian bendung daerah irigasi Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Menurut Jokowi, dengan selesainya proses rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi di wilayah itu dapat mengoptimalkan daerah pelayanan seluas 8.180 hektare persawahan dan meningkatkan indeks pertanian mencapai 300 persen.

Presiden Jokowi terus memantau dan memberikan perhatian terhadap kemajuan pertanian di berbagai daerah di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan mencapai ketahanan pangan nasional.