Menyusul Adanya Bandara, Timpora Maksimalkan Pengawasan Orang Asing Berkedok Investor

61

KEDIRI, MADUTV – Pada hari Selasa, 4 Juni 2024 bertempat di Hotel Gran Surya,Kota Kediri. Dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Wilayah Kota Kediri.

Kegiatan ini dihadiri oleh Herdaus, selaku Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Timur, Denny Irawan, selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kediri dan dihadiri oleh unsur Forkompimda di wilayah Kota Kediri.

Rapat Koordinasi Timpora menjadi penting dalam upaya melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kota Kediri.

“Poin-poin yang perlu saya tekankan di rapat Timpora ini, poin pertama adalah pentingnya pengawasan di Bandara Dhoho Kediri yang baru beroperasi, poin kedua, pengawasan terhadap orang asing yang berkedok investor dan poin ketiga, pengawasan terhadap orang asing dalam era digital” ujar Herdaus dalam sambutannya.

Dalam rapat yang dipandu oleh Kasi Inteldakim Kanim Kediri, Fachryan, beliau membuka ruang
untuk diskusi kepada para anggota Timpora untuk menyampaikan isu-isu yang sedang aktual.

Peserta rapat Timpora mengemukakan pandangannya masing-masing terkait isu-isu aktual seperti yang dikemukakan oleh A. Zamroni, selaku perwakilan dari Kantor Kemenag Kota Kediri yang menyoroti adanya jamaah haji yang berangkat haji secara non prosedural.

Terkait isu-isu dan permasalahan yang diangkat oleh anggota rapat koordinasi Timpora, hal ini dijawab langsung baik oleh Kepala Kantor, Kasi Inteldakim dan Kasubsi Intelijen Kantor Imigrasi
Kelas II Non TPI Kediri.

“Kami menyadari betul bahwa adanya modus baru dalam memperoleh Paspor Republik
Indonesia untuk tujuan yang tidak benar. Kami selaku garda terdepan dalam menjaga pintu gerbang Negara Indonesia akan terus berusaha memberikan yang terbaik dan mohon dukungan rekan-rekan anggota Timpora untuk mensupport kami”, ucap Denny Irawan dalam penutup rapat koordinasi Timpora.