Jelang Arus Mudik Lebaran Polisi Gelar Sidak Antisipasi Kecurangan SPBU

BLITAR, MADU TV – Jelang arus mudik Lebaran 2024, Polres Blitar bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Blitar melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU). Dalam kegiatan sidak tersebut, petugas menemukan adanya takaran bahan bakar minyak (BBM) yang kurang dari ukuran seharusnya.

Dalam rangka mengantisipasi adanya praktik penipuan di SPBU menjelang arus mudik Lebaran, Satuan Reserse Kriminal Polres Blitar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar melakukan sidak di SPBU yang berada di jalur arus mudik, tepatnya di Jalan Raya Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Dalam sidak tersebut, petugas menemukan adanya kekurangan takaran BBM, meskipun masih dalam batas yang wajar. Rata-rata kekurangan takaran sebesar 0,4 liter per dua puluh liter BBM. Untuk memastikan tidak ada kecurangan, petugas gabungan kemudian melakukan pemeriksaan segel di mesin SPBU tersebut. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa segel masih dalam kondisi aman, namun akan dilakukan tera ulang sebagai langkah pencegahan.

Menurut Sugeng Hariyanto, petugas Dinas Perdagangan Kabupaten Blitar, kegiatan sidak serupa akan terus dilakukan hingga Hari Raya Idul Fitri 2024. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya praktik penipuan di SPBU yang dapat merugikan konsumen pada momen mudik tahun ini.

Dengan demikian, upaya pencegahan praktik penipuan di SPBU diharapkan dapat memberikan rasa aman dan keadilan bagi para pemudik yang akan melintasi Kabupaten Blitar pada momen Lebaran tahun ini.

Wartawan : Suko Ramadhan | Editor : Riaza Romy