Groundbreaking Gedung Bank Kaltimtara di IKN, Presiden Dorong Kerja Sama Bank HIMBARA dengan BPD

49

KALIMANTAN TIMUR, MADU TV – Melanjutkan pembentukan ekosistem keuangan digital di Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bank Kaltimtara pada Jumat, 1 Maret 2024. Ini menandai perkembangan terbaru dalam inisiatif klaster keuangan yang juga termasuk Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI, yang semuanya telah memulai transisi menuju perbankan digital.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa pembangunan Bank Kaltimtara tidak hanya merupakan langkah penting dalam memajukan sektor keuangan di Kalimantan tetapi juga bagian dari visi lebih luas untuk transformasi ekonomi Indonesia. Bank Kaltimtara, yang memiliki modal terbesar di antara bank-bank Pembangunan Daerah (BPD) di Tanah Air, diharapkan dapat membentuk konsorsium dengan BPD lain di Kalimantan dan berfungsi sebagai koordinator untuk meningkatkan kekuatan modal dan daya saing.

Selain itu, Presiden juga mendorong kerja sama antara Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) dan Bank Kaltimtara untuk bersinergi dalam memberikan layanan keuangan, terutama untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pembangunan di daerah, dengan harapan untuk memperkuat ekonomi Kalimantan.

“Dengan pertumbuhan 5,05 persen dan inflasi yang terkendali di angka 2,5 persen, saya mengungkapkan optimisme terhadap prospek ekonomi daerah dengan pembukaan infrastruktur baru,” ujar Presiden Jokowi, merujuk pada kinerja ekonomi Indonesia yang impresif di tahun 2023.

Dari sumber yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden, dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat ekonomi daerah dengan pembangunan infrastruktur baru yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.