Gandeng Gigi dan Padi, Kemenag Bawa Pesan Damai ke Jombang Jawa Timur

JOMBANG, MADU TV – Kementerian Agama menggelar acara Peacesantren di Pondok Pesantren Bahru’l Ulum Tambak Beras. Kemenag memanfaatkan momentum Ramadan untuk menyebar pesan persaudaraan dan perdamaian dengan menggandeng grup band Gigi dan Padi Reborn.

Selain dimeriahkan oleh para santri, gelaran bertajuk “Ngabuburit Ramadan 1445” ini juga dihadiri ribuan masyarakat umum di sekitar Pondok Pesantren Bahru’l Ulum Tambak Beras, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Rabu (20/3/2024).

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Ali Ramdhani, menyatakan bahwa Peacesantren digelar di pondok pesantren karena sejatinya kehadiran pesantren selalu membawa pesan damai, kasih sayang, serta nilai-nilai moderasi beragama. Menurutnya, pesan-pesan damai tidak hanya bisa digaungkan dalam bentuk ceramah atau nasehat, melainkan juga bisa disampaikan melalui ruang-ruang seni seperti musik yang religius.

“Dalam kesempatan tersebut, basis Gigi Thomas Ramdhan menyampaikan pesan bahwa perdamaian dan penerimaan terhadap segala bentuk perbedaan merupakan cara Gigi untuk bisa terus berkarya selama 30 tahun. Sementara itu, Dewa Budjana selaku satu-satunya personel Gigi yang non-Muslim, mengaku selama 30 tahun karirnya, band Gigi sudah banyak berkunjung ke berbagai pesantren di Indonesia,” ungkapnya.

Tampak hadir pada acara Ngabuburit Ramadan ini, Stafsus Menteri Agama Wibowo Prasetyo, Nuruzzaman, dan Hasanuddin Ali, Direktur KSKK Madrasah Sidik Sisdiyanto, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur Husnul Maram, Ketua Yayasan PP Bahru’l Ulum Wafiyul Ahdi, serta Pengasuh PP Bahru’l Ulum Sholahul’am Notobuwono (Gus Aam) dan Nyai Mudjidah Wahab.

Sebelumnya, Peacesantren telah sukses dilaksanakan di Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur pada 16 Maret 2024 lalu. Selanjutnya, Peacesantren akan kembali diadakan di Pesantren Al-Musaddadiyah Garut (23 Maret 2024), Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta (27 Maret 2024), dan Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang (30 Maret 2024).