Bulog Kediri Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

KEDIRI, MADU TV – Di tengah harga beras yang masih tinggi, Perum Bulog memastikan pasokannya aman hingga akhir Lebaran ini. Gudang Bulog Kediri saat ini masih menyimpan stok beras mencapai 18.197 ton.

Kepala Perum Bulog Cabang Kediri, Imam Mahdi, mengungkapkan bahwa jumlah stok tersebut dipastikan dapat mencukupi kebutuhan hingga tiga bulan mendatang, termasuk untuk menyambut momen Lebaran.

“Untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan, Bulog Kediri akan mengupayakan beberapa cara, salah satunya mempercepat bantuan pangan beras hingga Juni mendatang,” ujar Imam Mahdi.

Pihaknya juga memasifkan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dengan membuka warung-warung TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) di pasar tradisional maupun di kantor Bulog sendiri setiap harinya. Di Kota Kediri, terdapat empat warung TPID yang menjual beras sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET), yaitu Rp 10.900 per kilogram untuk beras SPHP. Warung-warung tersebut tersebar di pasar-pasar tradisional di Kota Kediri.

Selain itu, Bulog Kediri juga memperbanyak operasi pasar atau gerakan pangan murah dan memastikan pasokan di ritel modern tercukupi. Stok beras juga masih bisa bertambah, salah satunya menyambut masa panen raya di Kediri yang diperkirakan jatuh pada Maret-April 2023 untuk menyerap gabah atau beras petani dalam negeri.

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan harga beras dapat tetap terjaga dan pasokan tercukupi bagi masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya.

Wartawan : Efendi Muhtar | Editor : Riaza Romy