Berkah Ramadan, Omset Perajin Beduk Meningkat

BLITAR, MADU TV – Bulan Ramadan, sebagai bulan penuh berkah, membawa dampak positif bagi para pelaku usaha bernuansa Islam. Salah satunya adalah perajin beduk dan alat musik rebana di Kota Blitar, Jawa Timur, yang mengalami peningkatan omset pesanan hingga dua kali lipat.

Aktivitas sehari-hari para perajin seperti Suparno, warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, menjadi lebih sibuk sejak awal Ramadan. Pesanan beduk dan rebana mulai meningkat, dengan karyawan terlihat sibuk memasang kulit pada rebana dan melakukan proses pewarnaan pada beduk.

Suparno mengungkapkan bahwa sejak awal Ramadan tahun ini, pesanan rebana yang dikerjakan telah mencapai ratusan, sementara beduk juga telah memasuki tahap proses pengerjaan dengan jumlah minimal delapan buah. Dalam pembuatan alat musik ini, Suparno sengaja memilih kayu mahoni karena proses pembubutannya yang mudah dan ketersediaan bahan bakunya yang melimpah.

Untuk harga, satu set alat marawis yang terdiri dari enam buah rebana, kepak, dumbuk pinggang, dan dumbuk batu dijual dengan harga 2,8 juta rupiah. Sedangkan harga beduk sendiri dibandrol seharga 10 juta rupiah.

Dengan meningkatnya pesanan selama bulan Ramadan, Suparno dan para perajin beduk dan rebana lainnya di Kota Blitar berharap dapat terus memberikan kontribusi positif dalam memeriahkan suasana Ramadan serta mendukung kegiatan keagamaan masyarakat.

Wartawan : Suko Ramadhan |  Editor : Riaza Romy