Ada Rindu dan Pengalaman Baru, Narapidana Ikut Belajar Memotong Hewan Qurban di Lapas Kediri

99

KEDIRI, MADUTV – Antusiasme Warga Binaan Lapas Kediri dalam penyembelihan hewan qurban sangat terlihat. Para penghuni lapas dengan penuh semangat dan sukacita turut serta dalam proses pemotongan hewan qurban.

Keterlibatan para Warga Binaan tidak hanya sebatas membantu, tetapi mereka juga menjadi bagian dari tim penyembelihan. Sebelumnya, mereka telah dilatih khusus oleh petugas pembinaan agar mampu melaksanakan tugas ini dengan baik. Pelatihan ini mencakup teknik penyembelihan yang benar serta pemahaman tentang pentingnya kebersihan dan keamanan dalam proses tersebut.

Saat proses penyembelihan berlangsung, para Warga Binaan bekerja dengan penuh tanggung jawab. Mereka merasa bangga dapat berkontribusi secara langsung dalam perayaan Idul Adha di lapas. Setiap potongan daging yang mereka siapkan tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi diri mereka sendiri, tetapi juga bagi rekan-rekan dan masyarakat sekitar.

Plt Kalapas Kediri, Budi Ruswanto mengungkapkan,”Kami mengawasi dengan ketat seluruh proses untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur. Pengawasan ini penting untuk menjaga kualitas daging dan menjamin bahwa semua tahapan dilakukan dengan benar. Selain itu, para Warga Binaan mendapat kesempatan belajar dan mengembangkan keterampilan baru yang berguna bagi mereka di masa depan”, ungkapnya.

Di tengah kebersamaan dan sukacita ini, terselip rasa rindu dari para narapidana untuk berkumpul dengan keluarga di rumah. Salah satu narapidana, Heko (bukan nama sebenarnya), mengungkapkan perasaannya. “Setiap kali Idul Adha, saya selalu merindukan momen bersama keluarga. Seperti menikmati daging qurban yang diolah sendiri di rumah. Meski berada di sini, saya bersyukur masih bisa ikut berpartisipasi dalam penyembelihan hewan qurban. Semoga suatu hari nanti, saya bisa merayakan Idul Adha bersama keluarga lagi,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Sesuai arahan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono bahwa momen penyembelihan hewan qurban ini menjadi pengalaman berharga bagi para Warga Binaan. Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, mereka tidak hanya merayakan Idul Adha dengan penuh sukacita, tetapi juga membuktikan bahwa di balik keterbatasan, mereka mampu berkontribusi dan berbagi kebahagiaan.(Ef)